Saturday, August 3, 2013

Manfaat Jeruk Nipis






9 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan



Anda wanita yang selalu ingin tampil prima namun lebih memilih cara alami ? Anda bisa melirik manfaat jeruk nipis untuk kecantikan berikut ini. Buah masam kecil berwarna hijau dan kuning dari keluarga jeruk ini ternyata memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh luar dan dalam serta dari ujung kepala sampai ujung kaki.

    Air perasan jeruk nipis mampu mencegah kerontokan rambut dan membuatnya terlihat berkilau.
    Untuk rambut berketombe, siramkan air perasan tersebut dan diamkan selama 20-30 menit baru dibilas sambil keramas dengan sampo.
    Bagi Anda yang memiliki pori-pori agak besar di sekitar hidung dan pipi, daging buah jeruk nipis bisa membantu dengan cara dioleskan pada area tersebut yang sudah dibersihkan sebelumnya.
    Menghilangkan minyak pada kulit wajah.
    Mampu membuat kuku yang kusam terlihat berkilau.
    Dapat mengurangi kulit yang pecah-pecah pada tumit kaki.
    Kandungan asam nitrat atau NHO3 dapat melegakan tenggorokan ketika batuk menyerang. Minum air perasannya dicampur air hangat. Jangan lupa meminumnya setelah makan ya agar lambung Anda tidak perih.
    Kulit tubuh Anda juga bisa menjadi mulus dan bersih bila jeruk nipis digosokkan secara teratur satu kali dalam sehari sebelum mandi.
    Lemak yang ada dalam tubuh juga bisa dikurangi dengan meminum perasannya sesaat setelah makan.


Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Setelah membahas jeruk nipis untuk kecantikan, penulis juga ingin memaparkan tentang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Contoh yang paling sederhana mengenai perasan air jeruk nipis yang dicampur ke dalam air putih dan dijadikan detoksifikasi yang murah meriah. Jika dilakukan secara berkala, akan memengaruhi kesehatan. Tentunya membuat tubuh makin sehat dan tetap bersemangat.

Proses detoksifikasi ini semacam proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Karena kadang makanan bisa berakibat kurang baik bagi tubuh. Untuk mengembalikan fungsi tubuh seperti semula, orang merasa perlu melakukan detoksifikasi.

Jika kita melakukannya di klinik dokter, biayanya cukup tinggi. Apalagi sekarang memang ada bermacam cara untuk detoksifikasi. Namun, jika memang ada yang harganya murah dengan cara yang mudah, mengapa tidak? Manfaat jeruk nipis dipastikan tidak memberi efek samping yang buruk bagi tubuh manusia. Berikut ini tentang berapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan jeruk nipis.

- Mengobati Batuk
Anda sedang batuk? Salah satu obat batuk yang manjur dan dipercaya secara turun-temurun adalah dengan meminum air jeruk nipis yang telah dicampur dengan kecap. Manfaat jeruk nipis adalah untuk meredakan gatal di tenggorokan dan memicu batuk. Obat ini bisa dicoba beberapa kali selama satu hari. Tanpa efek samping seperti mual, mengantuk, atau tubuh lemas. Tidak juga mengandung bahan kimia yang bisa berakibat buruk bagi tubuh dalam jangka panjang.

- Mengobati Ambien
Ambeien adalah salah satu penyakit yang dapat dikatakan tidak ada obatnya. Ketika seseorang sudah terkena ambeien, biasanya sangat sulit untuk disembuhkan. Penyakit ini secara berkala akan kambuh jika penderita tidak menjaga makanannya dengan baik.

Operasi sering dijadikan pilihan, akan tetapi ternyata hal ini bukan opsi yang bijak. Selain menghabiskan dana yang tidak sedikit, operasi tidak menjamin bahwa ambeien tidak akan pernah kambuh lagi. Namun ternyata dengan menggunakan manfaat jeruk nipis, penyakit ini bisa diatasi.

Manfaat jeruk nipis yang berkhasiat menyembuhkan ambeien tidak diperoleh dari buahnya. Melainkan dari akarnya yang sudah dicuci bersih. Akar ini nantinya direbus dengan air selama setengah jam, lalu diminum setelah disaring. Oh ya, untuk 1 liter air membutuhkan 10 gram akar pohon ini.

- Mengobati Amandel
Manfaat jeruk nipis pun dirasakan pula oleh penderita amandel. Anda tentu sangat paham kalau amandel itu sangat menyiksa. Bahkan ada kalanya dokter memutuskan untuk mengangkat amandel atau tonsil seseorang untuk alasan kesehatan. Tapi jangan khawatir, amandel dapat diobati dengan cara tradisional. Apalagi kalau bukan menggunakan manfaat jeruk nipis yang luar biasa ini.

Untuk amandel, kita menggunakan kulit dari jeruk nipis. Dari 3 buah jeruk nipis, diambil kulitnya yang direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air hanya tersisa ¾ gelas saja. Setelahnya, air ini jangan diminum, melainkan dijadikan sebagai obat kumur. Manfaat jeruk nipis di sini adalah untuk mengempeskan amandel yang membengkak.

Bagi para Ibu, sebaiknya perhatikan susu yang dikonsumsi anak saat masih kecil. Meskipun setelah di atas satu tahun anak diperbolehkan meminum susu UHT, pilih baik-baik merek susu yang akan disantap. Hal ini disebabkan ternyata ada beberapa merek susu tertentu yang justru memberi efek membesarkan tonsil pada anak. Jika terus dikonsumsi, efeknya akan menetap dan mungkin kelak akan mengganggu buah hati.

Ketika cuaca sedang tidak menentu, jangan lupa memperhatikan kesehatan. Asupan makanan yang bergizi, air putih yang cukup, juga suplemen yang dibutuhkan tubuh, akan membuat kita tetap berada dalam kondisi fit. Akan tetapi, kadang kita tertular penyakit orang-orang di sekitar kita. Misalnya saja terkena flu yang sangat mudah menular. Tapi jangan khawatir jika Anda sudah terlanjur flu. Manfaat jeruk nipis dapat digunakan untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Manfaat jeruk nipis bisa digunakan sebagai minuman atau malah obat luar. Jika ingin meminumnya, jeruk nipis dipanggang di atas bara api, kemudian peras air. Tambahkan dengan sesendok teh madu. Minum hingga habis. Jika Anda tertarik menggunakan manfaat jeruk nipis untuk pengobatan luar, tetap bisa. Setelah sebuah jeruk nipis di bersihkan dan diambil airnya, campur dengan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Bubuhkan satu sendok teh minyak kelapa. Semuanya dicampur jadi satu sebelum mulai diolesi di kening penderita. Campuran ini berkhasiat meredakan flu dan demam sekaligus.

Demikianlah Artikel 9 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Semoga bermanfaat :)

Thursday, May 23, 2013

Cara menghilangkan nyeri saat haid

Nyeri saat menstruasi? Itu adalah gejala yang normal bagi wanita. Namun unutk mengurangi rasa nyerinyanya ada beberapa cara menghilangkan nyeri. Premenstrual Syndrome atau PMS adalah sejumlah gejala yang muncul satu atau dua minggu sebelum periode bulanan wanita dan dapat berlangsung sampai beberapa hari setelah haid berakhir. PMS mempengaruhi 80 persen wanita. Gejala-gejalanya dapat berkisar dari ringan sampai berat dan berbeda pada tiap wanita, namun seringkali berupa :

1. Payudara nyeri dan bengkak
2. Sakit kepala
3. Nyeri atau kram
4. Ngidam Makanan
5. Kembung
6. Depresi dan menangis
7. Merasa sakit dan kelelahan

Ada banyak cara alami untuk mengobati kondisi ini. Seperti dilansir Symptomfind.com, Senin (2/1/2012), berikut adalah obat alami untuk mengatasi nyeri haid.

1. Vitamin B1 dan B2
Menurut sebuah penelitian dari University of Massachusetts, wanita yang rutin mengkonsumsi Vitamin B1 dan B2 mengalami nyeri haid yang lebih ringan. Penelitian ini juga menemukan bahwa hanya mengonsumsi suplemen vitamin ini saja tidak cukup dan sebaiknya mendapat asupannya dari bahan makanan. Artinya, ada beberapa pengaruh yang sinergis antara vitamin dan nutrisi lainnya dalam makanan.

2. Biji-bijian utuh
Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa vitamin B6 yang ditemukan dalam biji-bijian bermanfaat untuk mengurangi gejala PMS. Jadi tidak perlu berhenti memakan karbohidrat selama haid. Namun wanita perlu memastikan bahwa ia memakan seluruh karbohidrat dalam gandum karena karbohidrat dalam makanan olahan dapat membuat gejalanya menjadi lebih buruk.

3. Kalsium dan Vitamin D
Kalsium dan Vitamin D sangat dianjurkan untuk membantu meringankan gejala PMS jika dikonsumsi sejak dini. Sangat penting untuk meminumnya bersama-sama karena vitamin D membantu penyerapan kalsium. Vitamin paling baik diperoleh dari makanan karena dipengaruhi oleh nutrisi lainnya dalam makanan. Dalam hal ini, suplemen juga akan membantu meringankan gejala depresi, kelelahan, dan hilangnya nafsu makan.

4. Chaste Tree Berry
Menurut sebuah
penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal, chaste tree berry efektif mengurangi perasaan mudah marah, depresi, nyeri payudara, dan sakit kepala. Wanita yang meminum beberapa obat untuk mengatasi gangguan hormon tidak boleh mengkonsumsi chaste tree berry karena dapat berinteraksi dengan obat utama.

5. Magnesium
Magnesium telah lama dipelajari untuk mengurangi gejala PMS dengan hasil yang konsisten menunjukkan bahwa magnesium membantu meringankan gejala gangguan suasana hati yang berhubungan PMS hati seperti depresi dan mudah tersinggung. Jumlah yang disarankan bervariasi bagi tiap individu, namun kisarannya adalah antara 200 - 360 mg 3 kali per hari. Pasien jantung atau ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi magnesium karena dapat menimbulkan komplikasi.

6. Evening Primrose Oil
Evening primrose oil agak kontroversial efeknya untuk mengatasi nyeri haid. Secara keseluruhan, penelitian menyimpulkan bahwa bahan ini mungkin efektif, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

7. Akupunktur
Akupunktur telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Cina. Menurut kepercayaan pengobatan tradisional Cina, masalah kesehatan disebabkan oleh energi yang stagnan dalam tubuh. Meskipun ada sedikit bukti ilmiah mengenai cara kerja akupunktur, penggunaan ribuan tahun menunjukkan bukti yang mendukung keampuhan pengobatan ini.

8. Pijat
Menurut beberapa penelitian dari Touch Research Institute di University of Miami Medical School, pijat efektif mengurangi gejala PMS, terutama gejala depresi dan rasa sakit. Pijat mendorong sirkulasi getah bening dan dapat mengurangi retensi cairan. Perempuan harus minum banyak air untuk membantu membuang kelebihan racun dan cairan dari tubuh setelah pemijatan. Karena pijat adalah teknik non-invasif dan bebas kimia, maka dipastikan aman bagi hampir semua orang.

9. Perubahan pola makan
Perubahan pola makan dapat membantu meringankan gejala fisik PMS. Mengurangi asupan garam bisa membantu meringankan pembengkakan, nyeri payudara, dan pusing. Kurangi kafein untuk membantu mengatasi gejala depresi. Hindari alkohol untuk mengurangi depresi serta sakit kepala dan mual. Meningkatkan asupan air akan membantu meringankan sakit kepala, pembengkakan, dan nyeri otot.

10. Olahraga
Olahraga dapat membantu meringankan nyeri otot, terutama di punggung dan perut bagian bawah, serta membantu mengurangi retensi air. Olahraga juga berguna bagi mereka yang mengalami insomnia selama siklus haidnya. Karena olahraga adalah pembangkit energi alami, maka juga akan membantu meringankan gejala kelelahan. Pastikan untuk tidak berlebihan dalam berolahraga karena beberapa gejala seperti pusing dan mual dapat menjadi lebih buruk karena olahraga

Sunday, May 5, 2013

Cara Mengobati Bisul

Cara Mengobati Bisul - Aneh aneh aja nih, admin blog doktersedang bisulan ya...??? Ndak juga kog !!! Kali ini emang admin sengaja posting tentang cara mengobati bisul, walaupun kelihatan sepele namun ternyata banyak sekali lho yang terkena bisul tapi belum tahu solusinya.

Bisul memang bukan lah penyakit yang tergolong berbahaya, namun demikian kadang penderita bisul bisa jadi panas dingin a.k.a. demam tinggi, badan jadi lesu dan sedikit agak pusing. Lho emang bisulan bisa bikin pusing ya??? Ya iya...pusing banget tuh, apalagi bisulan di pantat, mau duduk sakit, berdiri terus capek deh...yah pusing to....hi hi. Nah itu lah makanya walaupun sepele tips cara mengobati bisul ini perlu kita singgung juga, oke??? Mari kita kemon....memulai bahasan kita 5 jam kedepan soal Cara mengobati Bisul *bercanda*.


Bisul biasanya identik dengan benjolan di permukaan kulit berwarna merah, kadang kalau sudah "tua" akan muncul mata dan seburam kining akibat timbunan nanah dibawahnya, Waw waw waw serem, jangan dulu putus asa, jangan asal pencet, jangan asal di coblos pakai jarum, kalau coblos pakai paku boleh ya..tentu saja di gambar CaGub yang anda sukai, kalau untuk bisul?? Jangan !!! Nah sebelum kita melompat mempelajari Cara Mengobati Bisul alangkah lebih baik kita mengetahui penyebab bisul itu sendiri.


Beberapa Penyebab Bisul Yang Teridentifikasi :

Streptococus, yaitu segerombolan bakteri membentuk koloni seperti buah anggur yang menyelinap masuk ke jaringan kulit, ini meyebabkan bisul
Kelenjar minyak yang tersumbat juga bisa menyebabkan bisul
Bisul juga bisa muncul akibat infeksi dari luar berupa benda asing yang tertinggal dalam jaringan kulit, contoh kasus duri, serpihan bambu/kayu, dll.
Alergi tingkat tinggi juga mampu menyebabkan bisul ini, nah bisul yang disebabkan oleh alergi biasanya disertai gatal yang amat sangat dan penderita yang cenderung meriang atau demam.
Hal- hal yang dihindari ketika bisulan :

Jaga kebersihan badan terutama pada bagian bisul, jangan sampai kotor karena lapisan kulit yang labil pada area bisul lebih rentan terkena infeksi tambahan dari luar.

Jangan dulu makan-makanan berprotein seperti telur, susu, daging ayam broiler, dan setara nya.
Hindari memakai pakaian yang ketat, karena bisa jadi gesekan antara kulit permukaan bisul dan pakaian bisa menyebabkan luka yang lebih serius.
Cara Mengobati Bisul

Sebenarnya jika sudah bisulan, maka solusi mengatasi bisul adalah mempercepat bisul pecah dan kering. Namun cara nya jangan dipencet atau ditusuk jarum, berikut cara mengobati bisul ini : 

Sering-seringlah mengoleskan salep anti biotik di area sekitar bisul agar bakteri terhambat tumbuh kembang nya, jadi area bisul tidak bertambah besar.
Seka dengan menggunakan air hangat yang dicampur garam dengan tujuan melancarkan darah di area bisul sehingga bisul cepat naik kepermukaan dan pecah.
Jika bisul sudah pecah, akan keluar nanah dan cairan, selalu bersihkan jangan sampai cairan yang berisi bakteri ini menginfeksi jaringan kulit di sekitar bisul.
Gunakan daun sirih, ambil beberapa daun sirih, lalu rebus sampai mendidih, biarkan agak dingin ( hangat ) lalu seka ke bagian bisul yang sudah mulai pecah.
Saya kira poin-poin di atas adalah salah satu cara mengobati bisul yang paling mudah dilakukan, dan terbukti mujarab, sebenarnya banyak sekali cara mengobati bisul yang lain/alternatif lain seperti menggunakan daun sirsak, bawang putih, getah kamboja, namun saya yakin hal di atas paling mudah untuk mengobati bisul.

Nah yang terakhir dalam Cara mengobati bisul versi blog dokter adalah, jika Anda ada waktu luang, sempatkan untuk mencari lidah buaya, ambil getah/daging nya lalu oleskan pada bisul. Cara ini dilakukan agar area bisul tidak kaku, dan menjadi dingin, serta agar bekas luka bisul nantinya tidak terlalu membekas, nah demikian Cara Mengobati Bisul, semoga bermanfaat, SalamKesehatan !!!!

Obat Sariawan

Gentian Violet (Methylrosanilinium chloride)

Komposisi:
Tiap ml mengandung : gentian violet 10 mg

Cara Kerja Obat:
Crystal violet  atau  ungu  gentian (juga dikenal sebagai gentian violet) adalah triarylmethane pewarna. Pewarna ini digunakan sebagai histologis noda dan di metode Gram klasifikasi bakteri. Dalam dunia medis, gentian violet memiliki efek anti bakteri dan anti jamur.

Indikasi:
Bibir pecah,sariawan

Kontraindikasi :
Kulit lecet atau kulit terkelupas.
Cara Pakai:
Oleskan 2-3 kali sehari pada luka / sariawan

Peringatan dan Perhatian :
-     Bila digunakan di mulut jangan sampai tertelan
-     Untuk obat luar

Efek Samping :
Iritasi kulit, menimbulkan pewarnaan pada kulit (bersifat sementara).


Obat Batuk Berdahak

Glyceril Guaiacolat (Guaifenesin / GG)


Komposisi:
Tiap tablet mengandung Glyceryl Guaiacolate 100 mg

Cara Kerja Obat:
GG memiliki aktivitas sebagai ekspektoran dengan meningkatkan volume dan mengurangi kekentalan sputum yang terdapat di trakhea dan bronki. Dapat meningkatkan reflek batuk dan memudahkan untuk membuang sputum. Akan tetapi bukti objektif masih sedikit.

Indikasi:
      -       Meringankan batuk produktif (sebagai ekspektoran).
      -       Produksi sputum yang tidak normal.

Kontraindikasi:
Hipersensitivitas terhadap produk guaifenesin

Dosis:
-     Dosis Dewasa:
Dosis secara oral 200 to 400 mg setiap 4 jam; dosis maksimum 2400 mg/hari
-     Dosis Anak:
         ·         12 tahun keatas : dosis secara oral 200 sampai 400 mg setiap 4 jam; dosis maksimum    2400 mg/hari.
         ·         6-12 tahun : dosis secara oral 100 sampai 200 mg setiap  4 jam; dosis maksimum 1200 mg/hari.
        ·         2-6 tahun : dosis secara oral 50 sampai 100 mg setiap 4 jam; dosis maksimum 600  mg/hari
        ·         2 tahun kebawah perlu penyesuaian dosis secara individual, pada umumnya digunakan   dosis 25 sampai 50 mg secara oral setiap 4 jam; dosis maksimum 300 mg/hari.

Efek Samping:
Efek samping yang sering muncul adalah mual dan muntah

Peringatan dan Perhatian:
Kehamilan & menyusui, anak < 2 tahun.

Bedak Gatal

Bedak Salicyl (Salicyl Talk)

Komposisi:
            -     Asam Salisilat 2 %
-     Talk 98%

Cara Kerja Obat:
Asam Salisilat merupakan bakteriostatik, fungisida, keratolitik, terutama untuk pemakaian luar.

Indikasi:
Bedak tabur untuk gatal-gatal pada kulit karena biang keringat atau gangguan kulit lain yang bukan infeksi.

Cara Pemakaian:
Bedak ini ditaburkan dan digosokkan rata pada bagian kulit yang gatal.

Peringatan dan Perhatian:
-     Jangan digunakan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun
-     Jangan digunakan secara luas pada tubuh
-     Jangan digunakan untuk waktu yang lama

Efek Samping: 
Kulit kering, iritasi kulit

Antitusif (Batuk Kering)

Dextromethorphan (DMP)

Komposisi:
Tiap tablet mengandung Dextromethorphan HBr 15 mg

Cara Kerja Obat:
Dextromethorphan HBr merupakan antitusif (penekan batuk) non-opiat sintetik yang bekerja pada pusat batuk dengan jalan meningkatkan ambang refleks batuk.

Indikasi:
Meringankan batuk tidak berdahak / batuk kering atau yang menimbulkan rasa sakit

Kontraindikasi:
Penderita yang hipersensitif (terhadap dextromethorphan), wanita hamil 
Dosis:
Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun  : 1 tablet, 3 kali sehari.

Efek Samping:
Jarang menyebabkan kantuk, mual, pusing, konstipasi

Peringatan dan Perhatian:
Tidak dianjurkan untuk batuk berdahak dan untuk anak usia kurang dari 2 tahun.Hati-hati untuk penderita dalam keadaan mengantuk, debil dan hipoksia (kekurangan oksigen). Hati-hati bila digunakan pada penderita dengan gangguan fungsi hati.